Home Techno Rangkuman Berita Teknologi Hari Ini — 7 Desember 2017

Rangkuman Berita Teknologi Hari Ini — 7 Desember 2017

7
0
SHARE


Berita hari ini diramaikan dengan kabar perilisan update Android Oreo untuk Android Wear, Samsung yang didepak dari lima besar smartphone di Cina, hadirnya Redmi 5 dan Redmi 5 Plus, serta Insta360 One yang tersedia untuk Android.

Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Xiaomi, Huawei, Oppo-Vivo, dan Apple Singkirkan Samsung dari Cina

Red Samsung | Photo

Risky Maulana – Produsen smartphone Android Samsung dikabarkan telah tersingkir dari posisi lima besar penguasa pasar di kawasan Cina. Temuan ini berdasarkan laporan dari lembaga riset pasar Kantar Worldpanel yang menyebut Huawei, Xiaomi, Apple, Vivo, dan Oppo sebagai pemain dominan pasar smartphone di Cina dengan persentase mencapai 91 persen. Jumlah ini meningkat 79 persen dari pencapaian tahun sebelumnya.

Kelima brand itu telah menyingkirkan ZTE, Meizu, dan Lenovo yang sebelumnya juga mengisi persaingan pasar ponsel pintar di Cina. Dalam laporannya, analis Kantar Worldpanel menyebut bahwa kinerja Samsung di China terus memburuk, dengan pangsa pasar hanya 2,2 persen saja.

Sumber: TheVerge


Update Android Oreo untuk Android Wear Telah Dirilis

Android Wear | Photo 1

Ayyub Mustofa – Google masih terus menyebarkan update Android Oreo untuk beragam perangkat. Setelah beberapa waktu lalu merilis update untuk smartphone Google Nexus, Google Pixel, serta HTC U11, kini mereka memberi update bagi perangkat Android Wear.

Update Oreo ini tidak memberikan perombakan terlalu besar, beda dengan Android Wear 2.0 yang dirilis tengah tahun lalu. Isinya kebanyakan justru berupa fitur-fitur untuk meningkatkan fungsi yang sudah ada. Beberapa fitur tersebut meliputi opsi untuk mengatur kekuatan getaran notifikasi, touch lock, serta fitur penghematan baterai.

Google juga mengumumkan bahwa kini Android Wear telah tersedia di tujuh negara tambahan, antara lain Belgia, Republik Ceko, Republik El Salvador, Honduras, Nigeria, Paraguay, serta Portugal.

Sumber: Engadget


Xiaomi Redmi 5 Muncul ke Permukaan dengan Layar 18:9

Xiaomi Redmi 5 | Foto

John Patrick Manuwu — Hari ini, Xiaomi akhirnya resmi mengumumkan kehadiran Redmi 5 dan Redmi 5 Plus. Kedua varian perangkat ini adalah penerus dari seri Redmi sebelumnya, yakni Redmi 4 dan Redmi Note 4 yang terbilang populer di dalam negeri.

Melihat desain yang diusungnya, Redmi 5 menggunakan desain lengkung pada layar serta rasio aspek yang “kekinian”, yakni 18:9. Dagu dan dahi yang tipis semakin menegaskan bahwa ponsel ini tidak seperti ponsel ekonomis kebanyakan — padahal varian Redmi 5 ini dijual dengan banderol di bawah Rp1,5 juta.

Pada bagian belakang ponsel terdapat sensor sidik jari dan kamera tunggal. Bodi kamera berbahan aluminium, yang dibalut dengan empat warna — biru, pink, gold, dan hitam.

Berikut adalah spesifikasi lengkap:

  • Prosesor Qualcomm Snapdragon 450 untuk Redmi 5 dan Snapdragon 625 untuk Redmi 5 Plus
  • Layar 5.7 inci 18:9 HD+ LCD untuk Redmi 5 dan 5.99 inci 18:9 Full HD+ untuk Redmi 5 Plus
  • 2/3 GB RAM untuk Redmi 5 dan 3/4 GB RAM untuk Redmi 5 Plus
  • Baterai berkapasitas 3300mAh untuk Redmi 5 dan 4000mAh untuk Redmi 5 Plus
  • Ruang penyimpanan sebesar 16/32 GB untuk Redmi 5 dan 32/64GB untuk Redmi 5 Plus
  • Sensor kamera belum diketahui, yang berukuran 1.25-micron piksel
  • Lampu selfie
  • Slot Micro USB untuk pengisian daya

Di Cina, Redmi 5 dibanderol dengan harga mulai dari 799 Yuan/US$120 (sekitar Rp1,6 juta) untuk model 2 GB/16 GB dan 899 Yuan/US$135 (sekitar Rp1,8 juta) untuk model 3 GB/32 GB.

Sementara untuk Redmi 5 Plus dimulai dari 999 Yuan/US$150 (sekitar Rp2 juta) untuk model 3 GB/32 GB, dan 1299 Yuan/US$180 (sekitar Rp2,4 juta).

Belum ada kabar resmi bahwa kedua varian Redmi teranyar ini akan hadir di Indonesia.

Sumber: The Verge


Pengguna Android Bisa Segera Menjajal Insta360 One dengan Bantuan Adaptor

Insta360 One di smartphone Android

Sumber foto: Digital Trends

Danang Setiaji – Selama ini, hanya pengguna iPhone atau produk Apple lainnya yang bisa menjajal kemampuan Insta360 One. Namun tak lama lagi, pengguna Android juga akan bisa menjajal kemampuan kamera yang mampu menghasilan foto dan video dengan tampilan 360 derajat ini.

Insta360 One untuk sistem operasi Android merupakan perangkat yang sama seperti yang digunakan pada sistem operasi iOS. Nantinya, pengguna Android hanya perlu menambahkan adaptor kecil yang berfungsi mengubah port Insta360 One menjadi USB Type-C atau Micro USB.

Sedangkan aplikasi untuk mendukung penggunaan Insta360 One di Android ini, baru akan diluncurkan dalam waktu dekat. Adapun untuk harganya, adaptor ini dibanderol sebesar US$30 atau sekitar Rp406 ribu untuk perangkat yang mendukung port USB Type-C atau Micro USB.

Sumber: Digital Trends

(Diedit oleh Septa Mellina)

The post Rangkuman Berita Teknologi Hari Ini — 7 Desember 2017 appeared first on Tech in Asia Indonesia.



Sumber berita :

https://id.techinasia.com/rangkuman-berita-teknologi-hari-ini-7-desember-2017