Home Techno Rangkuman Berita Teknologi Hari Ini – 14 Februari 2018

Rangkuman Berita Teknologi Hari Ini – 14 Februari 2018

4
0
SHARE


Tech in Asia Indonesia telah merangkum sejumlah berita teknologi hari ini, seperti Google yang mengembangkan fitur Reply, penjualan smartphone Nokia yang melonjak, perangkat bermain basket virtual, serta peluncuran satelit orbit rendah.

Google Kembangkan Fitur Reply di Hangouts dan Pesan SMS

Fitur Smart Reply Google

Danang Setiaji – Google dikabarkan tengah mengembangkan fitur Smart Reply dalam proyek yang mereka sebut dengan Reply. Melalui fitur ini, Google menyediakan beberapa jawaban singkat bagi penggunanya saat hendak membalas pesan yang masuk ke aplikasi Hangouts.

Tak hanya itu, fitur ini juga akan dihadirkan pada kotak masuk di smartphone Android untuk membalas pesan SMS. Sebagai contoh, saat seseorang menerima pesan yang berbunyi ‘berapa lama lagi kamu sampai rumah?’, maka fitur ini sudah memunculkan jawaban berbunyi ’13 menit’ yang bisa dipilih pengguna.

Dalam pengoperasiannya, fitur Smart Reply tentunya menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) agar mampu menghasilkan respons jawaban otomatis yang lebih akurat bagi penggunanya.

Google juga dikabarkan berencana menambah beberapa kemampuan otomatis dalam fitur tersebut. Misalnya, mode Do Not Disturb yang mampu mengirimkan pesan bahwa pengguna sedang tak bisa melakukan obrolan karena sedang mengemudi.  Fitur ini juga akan dibekali kemampuan untuk menerobos mode Silent pada smartphone jika menerima pesan darurat.

Proyek Reply ini rencananya juga akan ditawarkan ke aplikasi lain di luar produk maupun platform Google. Seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Skype, DM Twitter, dan Slack.

Sumber: Tech Crunch


Penjualan Smartphone Nokia Melampaui HTC, Sony, OnePlus, dan Google

Nokia | Gambar

John Patrick Manuwu — Pada kuartal terakhir tahun 2017, Nokia berhasil menjual ponsel mereka lebih banyak dari beberapa merek terkenal seperti HTC, Sony, ASUS, Coolpad, Meizu, Gionee, OnePlus, Lenovo, Alcatel, dan  Google di Amerika Serikat. Berita ini terbilang cukup mengejutkan mengingat brand tersebut adalah pemimpin pasar di Amerika Serikat selamat beberapa tahun belakangan.

Hal ini seakan menjadi sinyal positif bagi Nokia, sang raksasa industri ponsel yang sempat tidur panjang. Walaupun langkah mereka sempat gontai di era Lumia dan Windows Phone, tetapi Nokia terus mengeluarkan iterasi terbaru mereka.

Kini dengan diperkuat sistem operasi Android, Nokia siap untuk merajai kembali pasar global.

Sumber: Slashgear


Magic Leap Hadirkan Pengalaman Bermain Basket Virtual bersama NBA

Risky Maulana –  Perusahaan teknologi, Magic Leap, baru-baru ini dikabarkan tengah menjalin kemitraan dengan asosiasi olahraga basket NBA untuk membuat game bola basket digital bagi perangkat kacamata khusus mereka, The Magic Leap One. Dikutip dari TheVerge, kerja sama ini diungkapkan CEO Magic Leap Rony Abovitz dan Komisaris NBA Adam Silver dalam sebuah wawancara khusus bersama jurnalis dari Recode.

Sejak berhasil mendapatkan pendanaan dari beberapa perusahaan seperti Alibaba, Google, dan yang terbaru, Axel Springer, perusahaan Magic Leap yang didirikan sejak tahun 2010 ini telah mengembangkan riset teknologi lightfield untuk “menghasilkan cahaya digital pada kedalaman  yang berbeda”.

Teknologi tersebut dimaksudkan untuk semakin mengaburkan sensasi dunia nyata ke dalam perangkat virtual reality yang mereka hadirkan ke dalam perangkat The Magic Leap One.

Sumber: TheVerge


SpaceX Siapkan Peluncuran Prototipe Satelit Internet Orbit Rendah

Falcon 9 | Photo 1

Ayyub Mustofa – Ekspedisi ke Mars bukan satu-satunya proyek andalan SpaceX. Mereka juga menangani berbagai misi peluncuran di orbit bumi. Salah satunya yang kini tengah “digodok” yaitu peluncuran satelit orbit rendah (Low Earth Orbit) untuk kebutuhan layanan koneksi internet.

SpaceX akan melakukan peluncuran uji coba satelit LEO tersebut pada tanggal 17 Februari 2018 nanti. Roket andalan SpaceX yaitu Falcon 9 akan mengirim dua satelit bernama Microsat-2a dan Microsat-2b. Peluncuran ini juga akan ditumpangi oleh satelit observasi radar bernama Paz yang merupakan properti pemerintah Spanyol.

Sumber: Engadget

(Diedit oleh Septa Mellina)

This post Rangkuman Berita Teknologi Hari Ini – 14 Februari 2018 appeared first on Tech in Asia.

The post Rangkuman Berita Teknologi Hari Ini – 14 Februari 2018 appeared first on Tech in Asia Indonesia.



Sumber berita :

https://id.techinasia.com/rangkuman-berita-teknologi-hari-ini-14-februari-2018