Home Techno Rangkuman Berita Teknologi Hari Ini – 13 Februari 2018

Rangkuman Berita Teknologi Hari Ini – 13 Februari 2018

6
0
SHARE


Hari ini ada berita seputar peluncuran kamera Leica Q “Snow”, Samsung yang melakukan standardisasi emoji, peluncuran Nokia 8, serta layanan VR untuk Facebook Group.

Leica Meluncurkan Leica Q “Snow” Edisi Terbatas

Leica Q Snow | Gambar

John Patrick Manuwu — Produsen kamera asal Jerman, Leica, meluncurkan varian baru kamera mirrorless mereka yang bernama Leica Q “Snow”. Kamera ini adalah versi terbatas dari Leica Q yang didesain khusus untuk menyambut olimpiade.

Leica Q “Snow” didesain atas kerja sama Leica dengan peraih medali emas snowboarding Iouri Podladtchikov dan hanya dibuat sebanyak 300 unit — menjadikannya incaran bagi para kolektor.

Leica Q adalah sebuah kamera full-frame dengan lensa prime yang cepat serta desain yang ramping dan elegan. Spesifikasi dari versi “Snow” ini sama dengan Leica Q biasa, hanya saja aksesoris shoe cover yang ada berbeda dengan versi biasa — yang terbuat dari aluminum. Selain itu, terdapat sebuah aksen putih pada bodi kamera yang dibuat dengan bahan kulit asli.

Pada kamera ini, pengguna akan mendapatkan sebuah sensor full-frame, viewfinder terintegrasi dengan resolusi 3,68 MP, serta lensa Leica Summilux 28mm f/1.7 ASPH. Pengguna juga dapat merekam video Full HD pada 30fps dan 60fps dengan format MP4. Rencananya, kamera ini akan dijual pada Maret 2018 dan dibanderol dengan harga US$5,395 (sekitar Rp74 juta).

Sumber: Slashgear


Samsung Melakukan Standardisasi Tampilan Emoji agar Sesuai Tampilan Umum

Risky Maulana –  Samsung baru-baru ini telah mengumumkan rencana mereka untuk merombak seluruh tampilan ikon emoji mereka agar sesuai dengan respons emoji pada umumnya. Lewat update ikon emoji Samsung Experience 9.0 untuk Android Oreo, Samsung tampaknya telah mengikuti standar reaksi emoji dari platform lainnya dan meninggalkan reputasi mereka sebagai penghasil ikon emoji terjelek.

Dari segi tampilan, emoji mereka memang terlihat cukup buram, dan sering kali tidak relevan ketika digunakan dengan emoji di platform komunikasi lain. Apabila kamu mengirim emoji wajah yang terkejut, terkadang emoji tersebut muncul dengan reaksi wajah lapar di platform lainnya.

Masalah ketidakcocokan format emoji ini adalah hal yang umum antara platform seperti Android, iOS, Microsoft, dan lainnya, namun perbedaannya sangat jauh terasa jika kamu menggunakan smartphone Samsung.

Sumber: TheVerge


Resmi Meluncur di Indonesia, Nokia 8 Berbekal Fitur Dual Sight

Nokia

Danang Setiaji – Pada tanggal 13 Februari 2018, HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia mengumumkan secara resmi peluncuran Nokia 8 untuk pasar Indonesia. Salah satu fitur menarik yang dibenamkan pada Nokia 8 adalah Dual Sight pada kameranya.

Dengan fitur ini, pengguna bisa:

  • menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan untuk menghadirkan dua tampilan dalam satu layar, baik untuk foto maupun video.
  • menghubungkannya ke akun media sosial pengguna. Sehingga ketika pengguna ingin melakukan live streaming, bisa langsung melakukannya lewat opsi kamera di Nokia 8.

Nokia 8 dibekali dua kamera belakang dengan resolusi masing-masing 13MP. Kamera depannya juga mengusung resolusi sebesar 13MP.

Untuk jeroannya, Nokia 8 menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.1.1 yang bisa ditingkatkan menjadi Android Oreo. Pada dapur pacunya, Nokia 8 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835 dan RAM 4GB. Sedangkan ruang penyimpanannya sebesar 64GB, dan ditambah slot microSD yang mampu menampung hingga 256GB.

Smartphone anyar ini dibanderol seharga Rp6.499.000 dan ditawarkan secara eksklusif di Lazada mulai tanggal 15-28 Februari 2018. Nokia 8 baru tersedia secara offline pada 1 Maret 2018 melalui jaringan distribusi PT Teletama Artha Mandiri dan PT Sentra Prima Distribusi.


Facebook Luncurkan Layanan Virtual Reality untuk Facebook Group

Facebook Spaces | Screenshot 1

Ayyub Mustofa – Facebook mengusung teknologi virtual reality ke media sosial sejak pertengahan 2017 lalu lewat aplikasi bernama Facebook Spaces. Di dalamnya, kamu bisa bercengkerama dengan teman menggunakan avatar tiga dimensi. Spaces dapat memindai foto profil secara otomatis untuk menghasilkan avatar yang mirip dengan wajahmu.

Baru-baru ini Facebook meluncurkan update yang akan membuat kehidupan virtualmu di Spaces lebih luas. Bila sebelumnya kamu hanya bisa bertemu orang-orang di daftar pertemanan, kini Spaces juga bisa menjangkau Facebook Group yang kamu ikuti.

Interaksi Spaces terjadi dalam ruang virtual (Space) beranggota maksimal empat orang. Kegiatan yang bisa kamu lakukan bermacam-macam, misalnya:

  • mengobrol
  • menonton video bersama
  • bermain musik
  • menyiarkan kegiatanmu secara live.

Sumber: Engadget

(Diedit oleh Septa Mellina)

This post Rangkuman Berita Teknologi Hari Ini – 13 Februari 2018 appeared first on Tech in Asia.

The post Rangkuman Berita Teknologi Hari Ini – 13 Februari 2018 appeared first on Tech in Asia Indonesia.



Sumber berita :

https://id.techinasia.com/rangkuman-berita-teknologi-hari-ini-13-februari-2018