Home Otomotif Skandal Baja Palsu Kobe Steel, Seret Merek Otomotif Jepang

Skandal Baja Palsu Kobe Steel, Seret Merek Otomotif Jepang

4
0
SHARE



Pemerintah setempat meminta pabrikan mendata mobil apa saja yang menggunakan material dari Kobe Stell. Paultan


Metrotvnews.com: Setelah sejumlah kasus yang mendera industri otomotif Jepang seperti Takata hingga manipulasi data konsumsi bahan bakar, industri otomotif Jepang membuat saham brand terkait cukup anjlok. Bukan hanya itu, mereka juga menderita kerugian besar. Kali ini industri otomotif negara matahari terbit itu kembali terguncang oleh Kobe Steel.

Pemasok baja dan alumunium ini dipercaya sebagai vendor banyak merek otomotif asal negeri sakura tersebut. Namun, baru-baru ini diketahui jika kualitas yang dipasok Kobe Steel dipalsukan.

Data palsu spesifikasi plat, alumunium dan baja ini mereka akui sendiri, setelah adanya inspeksi. Data palsu yang muncul sejak September tahun lalu hingga Agustus 2017 ini dibuat untuk memenuhi permintaan spesifikasi yang ditentukan konsumen, seperti dituliskan Nikkei.

Pabrikan mobil asal Jepang yang menggunakan barang dari Kobe Stell lantas melakukan investigasi terkait hal ini. Hasilnya mereka langsung mengeluarkan pernyataan.


Toyota menggunakan material dari Kobe Steel untuk membuat kap mesin, pintu belakang dan sejumlah titik lainnya. Namun mengatakan kasus ini tak terlalu bermasalah karena hanya pabrik Jepang saja yang pakai, diluar Jepang tak ada yang pakai.

Honda juga menggunakan material untuk membuat kap mesin dan pintu. Sedangkan Subaru pakai alumunium dari perusahaan pemasok baja itu, dan sedang meneliti terkait efek keamanan di mobilnya. Sementara Nissanmelihat potensi yang mengganggu fungsi mobilnya.

Merek lain seperti Mazda dan Mitsubishi yang menggunakan alumunium dari perusahaan yang sama, sedang mendata mobil apa saja yang menggunakan material dengan data spesifikasi yang dipalsukan tersebut. Pihak pemerintah Jepang pun meminta pabrikan mobil untuk melaporkan mobil apa saja yang terkena dampak, dan efeknya untuk keamanan.

(UDA)



Sumber berita :

http://otomotif.metrotvnews.com/mobil/GbmJGzPk-skandal-baja-palsu-kobe-steel-seret-merek-otomotif-jepang