Home Otomotif Cara Pertamina Lubricants Hadapi Persaingan di Luar Negeri

Cara Pertamina Lubricants Hadapi Persaingan di Luar Negeri

8
0
SHARE


TEMPO.CO, Jakarta – PT Pertamina Lubricants anak usaha PT Pertamina (Persero) yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri, gencar melirik mitra untuk kancah pasar internasional.

“Dalam kesempatan kali ini, kami turut bangga bisa mewakili Indonesia untuk segmen pelumas baik untuk pelumas otomotif maupun segmen industrial. Kami memiliki komitmen untuk terus memperlebar sayap di kancah internasional,” kata Vice President Sales dan Marketing Overseas PT Pertamina Lubricants Arifun Dhalia, Rabu.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima, Pertamina Lubircants telah bertemu dan berdiskusi langsung dengan berbagai atase perdagangan luar negeri dari Papua Nugini, India, Malaysia, Kamerun, Singapura, Afganistan, Nigeria dan negara lain.

Baca: Pertamina Raih Penghargaan Safety Tingkat Dunia

“Kami juga memiliki kesempatan emas untuk bertemu dengan Perdana Menteri Laos, Thongloun Sisoulith yang didampingi oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Pak Enggartiasto,” katanya.

Pertamina Lubricants juga menyelenggarakan pameran untuk memperkenalkan seluruh varian produk pelumas untuk segmen otomotif dan industri.

“Sampai saat ini, kami sudah ekspansi ke 14 negara dan memiliki 16 distributor pelumas di luar negeri. Untuk penetrasi secara global, kami gencar menjajaki kerja sama strategis dan kami juga menerapkan multidistributorship. Dengan upaya itu, kesempatan akan semakin luas dan penetrasi akan semakin gencar,” lanjut Arifun.

Salah satu upaya penetrasi yang telah dilakukan adalah dengan memasuki pasar Vietnam untuk sektor semen, plywood dan transportasi. Pertamina Lubricants juga sudah memasarkan pelumas Rubsol (pelumas untuk bearing pembuatan ban) yang sudah diapproved dan certified oleh Bridgestone Indonesia dan telah digunakan oleh Bridgestone Indonesia sendiri.

Baca: Pertamina: BBM Satu Harga Baru Ada di 25 Titik

Pada awal Oktober 2017, Pertamina Lubricants juga telah menyepakati transaksi kontrak penjualan pelumas dengan perusahaan Mesir, Ashrafco, di Kairo, sebagai percobaan pemasaran, satu kontainer 20 kaki pelumas Pertamina dengan nilai sebesar 56.695 dolar AS atau senilai Rp737 juta.

Pertamina Lubricants juga sudah menjadi technical partner automobile Lamborghini sejak tahun 2015 di mana pelumas Fastron Platinum resmi digunakan dalam seluruh acara motorsport Squadra Corse Team.



Sumber berita :

https://otomotif.tempo.co/read/1023976/cara-pertamina-lubricants-hadapi-persaingan-di-luar-negeri