Home Otomotif Yamaha XS650 Madrasah 01, Terinspirasi dari Seragam Madrasah

Yamaha XS650 Madrasah 01, Terinspirasi dari Seragam Madrasah

32
0
SHARE

Yogyakarta – Kustomfest 2017 menghadirkan modifikasi motor-motor yang unik. Mengusung tema ‘No Boundaries’, builder yang turun ke Kustomfest 2017 diberikan kebebasan dalam berkreasi.

Hal itu dimanfaatkan oleh bengkel Baru Motor Sport (BMS) yang bermarkas di Palmerah, Jakarta. BMS memamerkan salah satu motor andalannya di lebaran kustom kulture tahunan ini, yaitu motor berjuluk Madrasah 01. Dedengkot BMS, Ariawan Wijaya, bercerita nama Madrasah 01 diambil dari basis warna motor ini.

“Namanya terbesut karena pas mau cari warna susah cari warnanya. Mau ke titanium nggak ke titanium, mau abu-abu nggak ke abu-abu, ternyata abu-abu campur hijau, waktu kita tanya orangnya dia bilang itu hijaunya hijau madrasah. Jadi kita namain Madrasah 01,” kata pria yang akrab disapa Ari itu saat ditemui di Yogyakarta.

Motor modifikasi ini basisnya adalah Yamaha XS650 lansiran 1972. BMS mengerjakan motor ini kurang lebih selama enam bulan. Hal lain yang unik dari motor ini adalah bagian suspensinya.

“Itu idenya dapatnya dari spring leaf mobil. Makanya hampir semua partnya bentuknya kita buat seperti spring leaf. Kayak shock breaker depan dibikin springer bentuknya, kayak spring leaf mobil. Dan itu berfungsi, ayunannya berfungsi semua,” kata Ari.

Selain itu, hal yang lebih unik lagi adalah bagian ban motor yang diukir. Menurut Ari, mengukir ban adalah tugas yang paling sulit dalam mengerjakan proyek motor Madrasah 01 ini.

“Kemarin inisiatif salah satu dari teman saya. Dia bilang ngukir mesin, ngukir rangka udah biasa, coba ukir ban. Kita coba deh ukir ban, agak susah ukir ban, karena kan ada serat benang-benangnya, jadi nggak boleh putus, hati-hati diserutin bannya,” ujar Ari.

Sebelum memajang motor modifikasi dengan ban yang diukir, BMS mempertimbangkan banyak hal. Namun, setelah dicoba dijalankan, motor tak ada masalah.

“Kita sudah siapin beberapa ban, ban untuk jalan dan ban yang diukir ini. Setelah dipakai 30-40 km/jam, ternyata pakai ban yang diukir ini aman-aman aja,” ucap Ari. (rgr/ddn)



Sumber berita :

http://oto.detik.com/read/2017/10/12/130349/3681049/1212/yamaha-xs650-madrasah-01-terinspirasi-dari-seragam-madrasah