Home Olahraga Hasil Liga Champions: Liverpool, Sevilla, Porto Lolos ke 16 Besar

Hasil Liga Champions: Liverpool, Sevilla, Porto Lolos ke 16 Besar

6
0
SHARE


Liverpool merayakan lolos ke 16 besar Liga Champions – Reuters/Phil Noble

Bisnis.com, JAKARTA – Liverpool, Sevilla, Shakhtar Donetsk, dan Porto menjadi empat tim terakhir yang lolos ke 16 besar Liga Champions Eropa setelah menuntaskan laga matchday keenam atau terakhi fase grup pada Kamis pagi WIB (7/12/2017).

Di Grup E, jagoan Liga Primer Inggris Liverpool membantai wakil Rusia Spartak Moskwa dengan skor telak 7-0 di Stadion Anfield, ditandai dengan hattrick pemain asal Brasil Philippe Coutinho dengan tiga gol yang disarangkannya pada menit ke-4 dari titik penalti, serta menit 15 dan 50.

Sementara itu Sadio Mane memasok dua gol pada menit 47 dan 76, sedangkan dua lainnya dikontribusi Roberto Firmino (18’) dan Mohamed Salah (86’).

Hasil itu membuat Liverpool finis sebagai juara Grup E dengan nilai 12 dan lolos ke 16 besar bersama runner up Sevilla. Wakil La Liga Spanyol itu dalam laga terakhir memetik hasil imbang 1-1 melawan tuan rumah Maribor di Stadion Ljudski di Maribor, Slovenia.

Marcos Tavares membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-10 dan dibalas Sevilla pada menit 75 melalui sumbangsih Ganso alias Paulo Henrique de Lima.

Sebenarnya, kekalahan dengan skor berapa pun tak akan menghadang Sevilla untuk melaju ke babak 16 besar dengan kekalahan yang dialami Spartak di Liverpool.

Hasil akhir klasemen, Liverpool nilai 12, Sevilla 9, Spartak 6, dan Maribor 3. Sebagai peringkat ketiga fase grup, Spartak masuk ke jalur 32 besar Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa kelas dua setelah Liga Champions.

Di Grup F, tuan rumah Shakhtar Donetsk menaklukkan Manchester City, yang telah dipastikan finis sebagai juara grup, dengan skor tipis 2-1 di Stadion Metalist di Kharkiv, Ukraina.

Meskipun tidak mencetak gol, pemain berdarah Brasil Marlos Romero berperan penting bagi gol yang dicetak dua pemain asal Brasil, Bernard Caldeira (26’) dan Ismaily Goncalves (32’).

Sementara satu gol City dilesakkan bomber asal Argentina Sergio Aguero ketika pertandingan telah memasuki injury time babak kedua.

Hasil itu membuat Shakhtar mendampingi City ke 16 besar sebagai runner up Grup F. City di puncak klasemen dengan nilai 15, Shakhtar 12, diikuti Napoli 6, dan Feyenoord Rotterdam 3.

Di laga lain di Grup F, Napoli kalah 1-2 dari tuan rumah Feyenoord di Stadion De Kuip di Rotterdam, Belanda. Finis di posisi ketiga fase grup Liga Champions membuat wakil Serie A Italia itu masuk ke ke 32 besar Liga Europa.

Di Grup G, Porto lolos ke 16 besar setelah menghantam tim Ligue 1 Prancis AS Monaco 5-2 di Stadion Do Dragao di Porto, Portugal.

Kelima gol tuan rumah dicetak Vincent Aboubakar (9’ dan 33’), Yacine Brahimi (45’), Alex Telles (65’), dan Tiquinho (88’), sedangkan dua gol Monaco dipasok Kamil Glik (61’) dari titik penalti dan Radamel Falcao (78’).

Di laga lainnya, pesaing Porto, RB Leipzig, justru tumbang di kandang sendiri, Stadion Red Bull di Leipzig, Jerman, dengan skor tipis 1-2 dari klub Turki Besiktas yang telah memastikan finis sebagai juara sejak matchday kelima.

Dengan hasil dua laga itu, Besiktas teratas di klasemen akhir dengan koleksi 14 angka, diikuti Porto 10, Leipzig 7, dan Monaco 2. Leipzig masuk ke 32 besar Liga Europa.

Sementara itu di Grup H, di dua laga yang tak lagi menentukan, Tottenham Hotspur menaklukkan klub Siprus Apoel 3-0 di Stadion Wembley, London, dan Real Madrid mengatasi Borussia Dortmund 3-2 di Stadion Santiago Bernabeu di Madrid, satu gol di antaranya dicetak Cristiano Ronaldo.

Sebelum laga dimulai, Spurs telah dipastikan finis sebagai juara dan Madrid runner up, keduanya melaju ke-16 besar. Borussia Dortmund di posisi ketiga dengan nilai 2, masuk 32 besar Liga Europa, sedangkan Apoel, dengan nilai juga 2, di dasar klasemen.

Dengan demikian, tim-tim yang lolos ke 16 besar ialah Manchester United, Basel (Grup A), Paris Saint-Germain, Bayern Munchen (B), AS Roma, Chelsea (C), Liverpool, Sevilla (E), Manchester City, Shakhtar Donetsk (F), Besiktas, Porto (G), dan Tottenham Hotspur, Real Madrid (H).

Sumber : Reuters



Sumber berita :

http://bola.bisnis.com/read/20171207/396/716003/hasil-liga-champions-liverpool-sevilla-porto-lolos-ke-16-besar