Home News Melalui Program Kemitraan PT PELNI Bangkitkan UKM di 18 Provinsi – Tribunnews.com

Melalui Program Kemitraan PT PELNI Bangkitkan UKM di 18 Provinsi – Tribunnews.com

23
0
SHARE

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) hingga akhir September 2017 PT Pelni berhasil menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp 1 miliar di 3 propinsi di Indonesia.

Dana tersebut disalurkan untuk membangkitkan ekonomi nasional melalui UKM kepada 32 mitra binaan dari berbagai bidang usaha.

Direktur Keuangan PT PELNI (Persero) Tri Andayani mengatakan jumlah seluruh mitra binaan yang aktif saat ini adalah 289 mitra binaan, yang tersebar di 18 propinsi.

Di Provinsi Bali terdapat tujuh mitra yang mengembangkan industri kerajinan, batik & wisata dan 10 mitra di Propinsi Banten untuk pengembangan industri kerajinan, batik & perdagangan.

Di DIY, memiliki empat  mitra, DKI Jakarta 34 mitra, Jambi empat mitra dan 153 mitra di Propinsi Jawa Barat.

Sebanyak 31 mitra di Propinsi Jawa Tengah, 18 mitra di Propinsi Jawa Timur dan masing-masing satu mitra di Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, Lampung, dan Sulawesi Tengah.

Baca: PT Pelni Operasikan KM Express Bahari di Pelabuhan Sunda Kelapa

Empat mitra masing-masing di Propinsi Kalimantan Timur dan NTB, lima mitra di Propinsi NTT, 3 mitra di Propinsi Sulawesi Selatan dan 5 mitra di Propinsi Sumatera Utara.

“Mitra binaan PT. PELNI (Persero) di 18 propinsi bergerak di 7 sektor usaha. Dengan dana kemitraan yang kami salurkan terbukti mereka berhasil mengembangkan usaha dibidangnya msing-masing,” kata Tri Andayani di lokasi pameran Trade Expo Indonesia 2017 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (12/10/2017).

Dikatakannya, membangkitkan perekonomian, khususnya pengusaha kecil dan menengah atau UKM serta koperasi telah dilakukan BUMN Transportasi laut ini lebih dari 20 tahun lalu.

“Perkembangan terakhir menunjukkan trend kenaikan cukup signifikan, hal ini menunjukkan pola kemitraan pelaku usaha kecil dan BUMN terus berkembang,” katanya.

Selain kewajiban sebagai perusahaan BUMN, pemberian bantuan kepada mitra binaan juga untuk mengembangkan ekonomi nasional melalui usaha koperasi, UMKM dan industri kecil di seluruh pelosok Nusantara.

Untuk tahun 2018, Pelni akan terus menambah jumlah mitra binaannya, namun difokuskan  penyaluran modal usaha ke pedagang maupun perajin sektor perikanan.

“Kita kerjasama dengan Dinas perikanan di wilayah setempat. Untuk wilayahnya lebih banyak ke daerah Jawa bagian timur dan Sulawesi,” katanya.



Sumber berita :

http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/10/12/melalui-program-kemitraan-pt-pelni-bangkitkan-ukm-di-18-provinsi