Home News Permintaan Polisi Buka Jalan Jatibaru Ditolak! – Poskota News

Permintaan Polisi Buka Jalan Jatibaru Ditolak! – Poskota News

9
0
SHARE


JAKARTA – Pemprov DKI tolak rekomendasi Ditlantas Polda Metro Jaya untuk membuka akses Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Alasannya rekayasa yang dilakukan saat ini merupakan bagian dari tahapan jangka panjang penataan kawasan tersebut.

“Belum bisa dipenuhi keseluruhan, tetapi ada istilahnya catatan-catatan lah secara tahapan dikerjakan. Kami masih menggunakan rekayasa lalu lintas yang kami kerjakan hari ini,” ujar Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko, Rabu (14/2).

Sigit mengatakan, rekayasa lalu lintas di Tanah Abang saat ini merupakan bagian tahapan. Rekayasa lalu lintas ini merupakan kebijakan sementara. Pemprov DKI masih mempersiapkan penataan Tanah Abang jangka panjang. Penataannya untuk memfasilitasi integrasi di kawasan tersebut.

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno beberapa kali mengatakan Tanah Abang akan menjadi kawasan transit oriented development (TOD). Pada penataan jangka menengah, skybridge akan dibangun di kawasan itu.

Rencananya, pedagang yang semula berjualan di ruas Jalan Jatibaru dipindahkan ke skybridge itu. Sigit mengatakan, Jalan Jatibaru Raya bisa dibuka kembali ketika grand design penataan Tanah Abang sudah diterapkan. “Ini hanyalah kebijakan transisi dan sementara saja,” ujarnya.

Saat ini, satu ruas Jalan Jatibaru ditutup untuk tempat berjualan pedagang Tanah Abang pukul 08.00-18.00. Satu ruas jalan lain untuk lalu lintas transjakarta Tanah Abang Explorer dan angkot. Tanah Abang Explorer dan angkot juga memiliki pembagian jam operasional.

Diketahui Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberikan 6 rekomendasi terkait penataan Tanah Abang. Satu poin rekomendasi yang tidak bisa diterima Pemprov DKI Jakarta terkait pembukaan Jalan Jatibaru Raya. Sisa rekomendasi lainnya, kata Sigit, akan dibahas secara internal.(guruh/st)



Sumber berita :

http://poskotanews.com/2018/02/15/permintaan-polisi-buka-jalan-jatibaru-ditolak/