Home News Polri: Kapolres Aceh Utara Diperiksa Terkait Penggundulan Waria

Polri: Kapolres Aceh Utara Diperiksa Terkait Penggundulan Waria

6
0
SHARE





Jakarta
Polri menyebut Polda Aceh sedang menginvestigasi prosedur pengamanan belasan waria di Aceh Utara. Investigasi dilakukan untuk melihat ada-tidaknya kesalahan prosedur saat menggunduli waria.

“Saat ini sedang diperiksa oleh polda ya. Kapolres sedang diperiksa oleh polda. Intinya akan menginvestigasi apakah ada kesalahan prosedur atau tidak. Kalau ada kesalahan, ada mekanismenya. Mekanisme melanggar kode etik atau disiplin. Apabila tidak ada pelanggaran kita akan clear-kan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen M Iqbal, di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2108).

Menurutnya, jika ada kesalahan pastinya ada sanksi yang diberikan. Investigasi yang dilakukan Polda Aceh juga ditujukan menjadi pencegahan bagi polisi di wilayah lain untuk lebih berhati-hati dalam mengambil tindakan.

“Siapapun anggota Polri yang melakukan kesalahan dalam melakukan tindakan kepolisiannya ada sanksinya. Mekanismenya jelas, dari pelanggaran disiplin, demosi, sampai ke kurungan. Bila fatal sekali melakukan tindak pidana hukum pidana,” ujar Iqbal.

“Kita akan lakukan investigasi pelurusan. Salah ada mekanisme, ada sanksi itu adalah pencegahan,” sambungnya.

Soal informasi tindakan pemotongan rambut hingga botak dari waria yang diamankan, Iqbal menyebut itu juga masih diinvestigasi. “Saat ini kita investigasi. Kita sedang periksa. Polda Aceh sedang memeriksa polres setempat,” ucapnya

Sebelumnya, penangkapan 12 waria di Aceh Utara yang dilakukan beberapa waktu lalu mendapat sorotan dari Amnesty International. Pangkal masalahnya, rambut para waria ini terlebih dulu dipotong sebelum dibina.

Penangkapan waria ini dilakukan personel Polres Aceh Utara dan polisi Syariah Aceh Utara pada Sabtu (27/1) malam. Ada 12 waria yang diciduk saat berada di salon di dua kecamatan di sana. Setelah dibekuk, mereka dibawa ke Polres dan dibina.

(haf/idh)




Sumber berita :

https://news.detik.com/berita/d-3843592/polri-kapolres-aceh-utara-diperiksa-terkait-penggundulan-waria