Home Hiburan Kurang-kurangi 7 Kelakuan ini di Media Sosial Biar Kamu Tak Dijauhi

Kurang-kurangi 7 Kelakuan ini di Media Sosial Biar Kamu Tak Dijauhi

11
0
SHARE


Bagi generasi millennial, media sosial menjadi salah satu kebutuhan yang pantang untuk dilewatkan tiap harinya. Rasanya seperti ada yang kurang dalam kehidupan jika sehari saja nggak swipe-swipe dan liat update-an teman-teman. Seringnya mengakses kehidupan dunia maya di media sosial membuat banyak muda (termasuk kamu mungkin) merasakan banyak hal. Mulai dari dapat wawasan, kenalan baru sampai mendapatkan pemasukan. Itu baru sisi positifnya. Penggunaan media sosial ternyata juga punya dampak negatif bagi sebagian orang, salah satunya adalah dikucilkan atau dijauhi teman.

Dampak negatif dari penggunaan media sosial bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mungkin salah satu penyebabnya ada pada penjelasan di bawah ini. Yuk disimak, siapa tahu kamu pernah melakukannya secara nggak sadar.

1. Hampir semua masalah kamu tumpahkan di media sosial, dengan harapan orang lain peduli dan memberikan komentar

Jemputnya telat nih via www.unsplash.com

Pacar nggak ngasih kabar seharian, curhat di Instastory. Revisi kerjaan yang nggak kelar-kelar, mencuit di Twitter. Sampai ke hal-hal remeh seperti nunggu ojek online pun tak lupa kamu unggah di media sosial. Mungkin menumpahkan segala masalah yang kamu alami merupakan salah satu usahamu dalam menghilangkan beban pikiran. Namun apa yang kamu lakukan itu udah termasuk nyampah di media sosial. Orang-orang pasti akan berpikir kalau kamu hanya cari-cari perhatian dengan update-anmu yang sampai tak terhitung jumlahnya dalam keseharian.

2. Tiap ada postingan teman yang nggak disukai, kamu nggak ragu terang-terangan menyindir di kolom komentar yang memantik perang

Bisa menimbulkan konflik di dunia maya via www.unsplash.com

Di media sosial, kamu memang bebas berekspresi dan mengeluarkan pendapat. Namun seringnya kamu justru menyindir orang karena menilai postingan seseorang yang kurang relevan bagimu. Ujung-ujungnya, dari komentar pedasmu, timbulah benih-benih perang komentar yang mungkin mengganggu bagi sebagian orang. Kalau kamu terus saja melakukan hal ini, jangan heran apabila teman-temanmu satu persatu mulai pergi.

3. Kamu langsung blokir pertemanan apabila teman-temanmu nggak sepemikiran denganmu. Padahal mereka sendiri tak pernah mengganggumu

Siapa sih ini? Blokir aja ah~ via www.unsplash.com

Memblokir orang yang dirasa menganggu memang hak setiap pengguna media sosial. Tapi bukan asal blokir hanya karena hal sepele, seperti iri dan gengsi. Kalau kamu sering melakukan aksi blokir pertemanan padahal mereka nggak melakukan kesalahan, bisa jadi sih kamu kamu dikucilkan. Siapa yang mau berteman dengan seseorang yang belum apa-apa udah main blokir? ūüôĀ

4. Tanpa mengecek kebenaran, kamu sering menyebar berita dan informasi abal-abal yang menurutmu menarik di media sosial

Langsung share, padahal belum tentu benar via www.unsplash.com

Media sosial kadang digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan berita yang tidak benar. Sedihnya, banyak pengguna media sosial yang jarang mengecek kebenaran berita sebelum share ke teman-teman. Mungkin kamu salah satunya.

Karena malas mengecek kebenaran suatu berita, kamu main sharing aja ke teman-teman atau grup Whatsapp keluarga. Kamu baru menyadarinya setelah ada orang lain  memberitahu kalau apa yang kamu bagikan ternyata abal-abal. Kejadian ini nggak hanya sekali aja, tapi berkali-kali. Namun kamu tetap saja tak belajar dari kesalahan masa lalu.

5. Mengomentari postingan seseorang tanpa membaca keseluruhan caption atau keterangan yang ada di dalamnya

Nyinyirin orang di media sosial via www.unsplash.com

Salah satu yang bikin geregetan adalah kebiasaan nggak membaca keterangan keseluruhan. Seringnya kamu hanya membaca sekilas lalu buru-buru menyimpulkan. Hal ini jelas membuat orang-orang merasa nggak nyaman. Sebab dari kelakuanmu itu bisa menimbulkan perselisihan.

6. Kamu bisa setiap saat update status di media sosial, tapi giliran dihubungi kamu malah ilang-ilangan

Giliran update bisa, tapi pas dibutuhkan malah ilang-ilangan via www.unsplash.com

Update di media sosial memang menyenangkan. Sebab kamu bisa berbagi tentang banyak hal kepada banyak orang. Namun coba kamu lihat lagi isi kotak pesan atau chat di ponselmu? Ada kah pesan-pesan yang belum dibalas atau sengaja nggak kamu balas? Kamu yang rajin update di media sosial tapi saat dihubungin justru ilang-ilangan ini yang nantinya akan dikucilkan. Bayangkan saja di saat orang-orang membutuhkanmu kamu justru susah dihubungi, tapi begitu lihat media sosialmu, update terakhir baru beberapa menit berlalu.

7. Sering minta follback padahal kamu belum follow mereka duluan. Pantas aja kamu dijauhi mereka kalau begini caranya

Follback dong via www.unsplash.com

Follow back dong

Kamu yang sering melakukan hal ini, jelas akan dijauhi teman-teman di lingkunganmu. Sebab secara logika aneh aja kalau kamu minta di-follow tapi kamu justru belum follow duluan. Orang-orang yang kamu mintai follow itu pasti akan berpikir: Lah, ini orang maksudnya apa?

Menggunakan media sosial di keseharian memang menyenangkan. Namun jika kelakuan di atas masih kamu lakukan, jangan heran kalau temanmu pelan-pelan meninggalkan. Dari ketujuh kelakukan di media sosial tersebut, mana nih yang sering kamu lakukan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya



Sumber berita :

http://www.hipwee.com/motivasi/kurang-kurangi-7-kelakuan-ini-di-media-sosial-biar-kamu-tak-dijauhi/