Home Yogyakarta Kebutuhan Kantong Darah di DIY Terpenuhi 96 Persen – Tribun Jogja

Kebutuhan Kantong Darah di DIY Terpenuhi 96 Persen – Tribun Jogja

19
0
SHARE

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Palang Merah Indonesia (PMI) DIY secara keseluruhan membutuhkan 70.000 kantong darah dari total tiga juta jiwa penduduknya.

Ketua PMI DIY, GBPH Prabukusumo menjelaskan sejauh ini kebutuhan kantong darah tersebut sudah terpenuhi 67.293 donasi darah atau sudah terpenuhi 96% dari total kebutuhan yang ada.

“Pada Triwulan I dan Tri Wulan II tahun 2017, tercatat di Daerah Istimewa Yogyakarta ada sekitar 34.068 orang pendonor. Sementara kebutuhan darah di DIY sekitar 6.300 per bulan,” ujar Prabukusumo saat Pertemuan Regional III Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Jawa Tengah dan DIY di Ballroom Hotel Grand Keisha, Sleman, Kamis, (12/10/2017).

Prabukusumo menambahkan, untuk kebutuhan darah di Indonesia baru terpenuhi 80%, yaitu 4,1 juta kantong darah dari total 5,1 juta kebutuhan kantong darah.

Sementara itu, Ketua Bidang Pengurus UTD PMI Pusat Linda Lukitari Waseso menjelaskan secara umum pemenuhan kebutuhan darah di DIY sudah diakui cukup baik.

Hanya saja yang tidak boleh luput dari perhatian adalah kualitas darah itu sendiri.

“Kualitas darah dari pendonor juga perlu diperhatikan. Tidak boleh ada perbedaan antara hasil darah yang dihasilkan oleh PMI di lima kabupaten kota yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan harus baik semua hasil darahnya,” pungkasnya. (*)



Sumber berita :

http://jogja.tribunnews.com/2017/10/12/kebutuhan-kantong-darah-di-diy-terpenuhi-96-persen